brand aktivasi

Brand Aktivasi: Strategi Pemasaran Terbaik untuk Tingkatkan Brand Awareness

Brand aktivasi menjadi salah satu hal penting bagi suatu brand, terlebih lagi dalam era digital yang terus berkembang ini. Pada dasarnya, brand activation merupakan kegiatan promosi atau suatu brand yang dilakukan dengan suatu pengalaman nyata.

Pengalaman diberikan dengan tujuan agar para pelanggan menjadi lebih dekat dengan brand tersebut. Pasalnya, keberadaan masyarakat yang semakin terhubung secara online dapat memberikan peluang yang lebih besar bagi perusahaan untuk meningkatkan eksposur mereka.

Penasaran seperti apa bentuk promosi dengan brand aktivasi? Yuk, kita bahas lebih lanjut dalam artikel ini!

Baca Juga: Strategi Pemasaran Modern: Mengoptimalkan Kinerja Bisnis dengan Manpower

Apa Itu Brand Aktivasi?

Brand aktivasi adalah serangkaian tindakan strategi pemasaran yang dirancang untuk meningkatkan interaksi dan keterlibatan konsumen dengan merek. Tujuannya adalah menciptakan pengalaman positif yang dapat meningkatkan kesadaran, pemahaman, dan loyalitas terhadap merek.

Brand aktivasi atau brand activation bukan hanya tentang menciptakan hubungan antara konsumen dan merek, tetapi juga tentang menciptakan hubungan yang berkesinambungan di antara keduanya.

Manfaat Brand Activation

1. Meningkatkan Brand Awareness

Brand aktivasi membantu meningkatkan visibilitas merek di antara konsumen target. Melalui pengalaman positif dan interaksi langsung, konsumen lebih cenderung mengingat dan memilih merek tersebut.

2. Membangun Keterlibatan Konsumen

Brand aktivasi menciptakan kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan konsumen. Ini membangun keterlibatan dan menciptakan hubungan yang lebih dalam daripada promosi konvensional.

3. Memperkuat Identitas Merek

Dengan menciptakan pengalaman yang konsisten dan berkesan, brand activation membantu memperkuat identitas merek. Ini membuat merek lebih mudah dikenali dan diingat.

4. Mendorong Konversi

Brand activation yang baik dapat merangsang konsumen untuk melakukan tindakan tertentu, seperti pembelian produk atau berlangganan layanan.

Bentuk-Bentuk Brand Aktivasi

1. Experimental Activation

Aktivasi eksperimental merupakan salah satu bentuk brand aktivasi yang cenderung sangat berhasil. Bentuk aktivasi merek ini menyatukan pengalaman digital dan fisik bagi pelanggan. 

Sebagai contoh, brand Anda dapat membuat tantangan di TikTok yang dapat diikuti oleh siapa pun. Tantangan tersebut menggunakan produk terbaru dari brand Anda. Oleh karena itu, secara tidak langsung pengguna TikTok akan tertarik untuk membeli dan mencoba produk Anda. Bentuk ini dianggap paling efektif karena pelanggan dapat langsung mencoba produk atau layanan yang ditawarkan oleh sebuah merek.

2. Aktivasi Media Sosial

Salah satu bentuk aktivasi merek yang umum adalah aktivasi media sosial. Bentuk ini mendorong merek untuk bersentuhan langsung dengan pelanggannya melalui berbagai platform media sosial.

3. Inisiatif Promosi

Pelanggan selalu tertarik dengan promosi. Oleh karena itu, mengintegrasikan promosi ke dalam strategi brand activation sangat penting. Promosi tersebut dapat berupa diskon, hadiah, atau melibatkan duta merek. Aktivasi promosi akan mendorong orang untuk ingin tahu lebih banyak tentang merek yang Anda tawarkan.

4. Interaksi Acara Pemasaran

Bentuk brand aktivasi lainnya adalah interaksi acara pemasaran, di mana merek berusaha melibatkan pelanggannya melalui partisipasi langsung dalam acara pemasaran seperti pameran, expo, kompetisi, dan lain-lain.

5. Aktivasi Sponsorship

Selain keempat bentuk di atas, brand aktivasi juga dapat dilakukan melalui integrasi sponsorship. Mungkin Anda pernah melihat logo sponsor bergengsi memenuhi sebuah acara olahraga atau melihat berbagai sponsor tercantum pada poster festival musik. Metode aktivasi sponsorship ini banyak dipilih oleh merek untuk menarik perhatian dari banyak orang, khususnya peserta atau penonton acara yang disponsori oleh merek.

Pilih Commeet untuk Bisnis Anda!

Brand aktivasi adalah elemen kunci dalam membangun dan mempertahankan brand awareness. Melalui pengalaman dan interaksi langsung, perusahaan dapat menciptakan hubungan yang kuat dengan konsumen dan membawa manfaat jangka panjang.

Commeet adalah pilihan cerdas bagi brand-brand yang ingin mempromosikan produk mereka. Sebagai one stop solutions bagi bisnis Anda, Commeet menyediakan layanan manpower, event management, dan creative production untuk mempromosikan brand Anda dan meraih target penjualan terbaik. 

Hubungi Commeet melalui email official@commeet.id, Telepon (021) 79195312, atau WhatsApp di 0821 1431 0563. Pilih Commeet dan lihat bagaimana kami dapat membantu brand Anda untuk mencapai target!

No Comments

Post A Comment

Open chat
Hello,
Ada yang bisa mimin bantu?
Chat disini yah, kak?